Cara Mengenal Diri Sendiri


Nama    : Mesa Linggi R
NIM       : E2114316
v  Cara mengenal diri sendiri
·         Metode
Metode adalah cara yang bisa kita lakukan untuk mengenali diri sendiri, baik secara fisik maupun psikis atau karakter kita. Untuk mengenali diri kita secara fisik kita bisa melihat diri kita dalam cermin. Dengan demikian kita bisa mengetahui bagaimana bentuk dan ciri-ciri fisik kita. Untuk mengenali sifat dan karekter kita, ada metode yang bisa kita lalukan seperti dengan membuat daftar kelebihan dan kekurangan kita
Daftar kelebihan yang kumilki    : a. . . . . . . . . . .
                                                                  b. . . . . . . . . . .
Daftar kekurangan yang kumiliki               : a. . . . . . . . . . .
  b. . . . . . . . . . .
Ada beragam kelebihan dan kekurangan yang setiap orang miliki. Setelah kita tahu apa kelebihan dan kekurangan yang kita miliki, kita bisa mengintropeksi diri sendiri untuk merubah hal-hal yang buruk menjadi lebih baik.
·         Tujuan
Tujuan dari mengenal diri sendiri yaitu agar kita bisa lebih tenang dan bijak dalam menyikapi setiap masalah yang ada. Kita juga bisa mengetahui dan menyadari  bahwa kita masih memiliki banyak kekurangan, sehingga bisa menghilangkan sifat egois kita.
v  Konsep diri
Konsep diri adalah pandangan individu mengenai siapa diri individu, dan itu bisa diperoleh lewat informasi yang diberikan lewat informasi yang diberikan orang lain pada diri individu. Konsep diri merupakan gabungan dari keyakinan yang dimiliki individu tentang mereka sendiri yang meliputi karakteristik, fisik, psikologis, sosial, emosional, aspirasi dan prestasi.
v  Jendela Johari
1.       Daerah pribadi terbuka (open self) merupakan daerah saya tahu dan orang lain tahu. Terdapat keterrbukaan. Daerah ini merupakan daerah ideal yang mencerminkan pribadi seorang yang mau memberi dan menerima saran.
2.       Daerah pribadi buta (Blind Self) merupakan daerah saya tidak tahu dan orang lain tahu. Daerah ini mencerminkan orang yang hanya mau mengkritik tetapi tidak mau menerima saran.
3.       Daerah pribadi tersembunyi (Hidden self) merupakan daerah yang saya tahu dan orang lain tidak tahu. Berisi sesuatu mengenai diri kita pribadi atau bersifat rahasia.
4.       Daerah pribadi tak dikenal (Undiscovered) merupakan daerah yang saya dan orang lain tidak tahu. Seperti hal-hal mengenai masa depan,kematian dan jodoh.

Komentar

Postingan Populer